RSS

PRAKTIKUM SIM tanggal 10032011

10 Mar

Optimalisasi Penggunaan Search Engine

 

Pada tanggal 10 Maret 2011 ini, kelas praktikum A Kamis 07.00, membahas mencari data lewat mesin pencari (search engine) dan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Google.

Terdapat banyak search engine antara lain Google, Yahoo, dan Bing. Google merupakan search engine yang paling sering digunakan dikarenakan kecepatan pencarian dan keakuratan hasil pencarian. Antara Google, Yahoo, dan Bing terdapat hasil pencarian yang berbeda-beda yang disebabkan perbedaan database masing-masing search engine.

Pertemuan kali ini membahas lebih jauh tentang Google itu sendiri. Pertama, buka http://www.yahoo.com, maka kita akan langsung diarahkan ke http://www.yahoo.co.id. Hal ini dikarenakan posisi kita saat mengakses google menggunakan ISP (penyedia layanan Internet) dari Indonesia. Jika halaman telah terbuka, akan ada tulisan Google Search (bisa dengan menekan enter pada keyboard) dan I’m Feeling Lucky. Coba bandingkan jika kita klik satu dengan lainnya. Dari sanalah kita dapat melihat perbedaannya. Misal, kita mengetikkan Administrasi Bisnis, dan meng-klik Google Search. Maka hasilnya adalah hasil pencarian Google terhadap semua file yang ada sangkut pautnya dengan Administrasi Bisnis. Namun, apabila kita meng-klik I’m Feeling Lucky, kita akan mendapatkan file-nya secara langsung. File itu didapatkan dari hasil pencarian Google yang paling bnyak dipakai oleh para user-nya.

Terdapat wajah lain Google jika menambahkan /ig di belakang alamat yang dimasukkan. Misal http://www.google.co.id/ig. Akan tampak tampilan layaknya Yahoo. Tetapi, tak ada yang sempurna di dunia ini. Begitu pula dengan search engine yang satu ini. Kelemahannya adalah tidak update-nya berita yang terdapat di dalamnya.

Setiap orang dalam menggunakan Google pastinya membutuhkan beberapa referensi dengan begitu mereka dapat memilah, file mana sajakah yang benar-benar dibutuhkan. Dalam pencarian Google, terdapat beberapa hasil. Hasil teratas adalah halaman yang paling sering diakses, bukanlah halaman yang paling cocok dengan yang dibutuhkan. Halaman yang semakin sering diakses maka posisinya akan semakin naik.

Ada beberapa perintah khusus (syntax) yang sering digunakan dalam pencarian melalui Google. Antara lain:

  1. intitle: berfungsi untuk mempermudah Google membatasi hasil pencarian pada halaman yang terdapat pada judul atau title. Contoh -> intitle:sistem informasi. Maka hasilnya sbb -> akan menampilkan halaman yang menggunakan judul sistem dan pada isi halaman terdapat kata informasi.
  2. Untuk pencarian lebih dalam atau bila ingin mendapatkan hasil dari dua kata tsb, digunakan perintah allintitle. Contoh -> allintitle:sistem informasi. Hasil ->  akan menampilkan hasil pencarian hanya pada dua kata tersebut, yaitu sistem dan informasi. Note: sintaks allintitle tidak dapat digabung dengan sintaks lainnya.
  3. inurl: berfungsi untuk membatasi hasil pencarian pada URL yang mengandung kata kunci yang dikehendaki. Contoh -> inurl:sistem informasi. Hasil -> akan menampilkan URL yang mengandung info tentang sistem dan informasi. * URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator (diterjemahkan: Pelokasi Sumber Daya Seragam), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber – seperti dokumen dan gambar – di Internet. (Wikipedia).
  4. allinurl: sama seperti allintitle, tidak dapat digabung dengan sintaks lainnya. Contoh -> allinurl:sistem informasi. Hasil -> akan menampilkan URL yang hanya mengandung info tentang sistem dan informasi.Note: sintaks allinurl tidak dapat digabung dengan sintaks lainnya.
  5. site: menampilkan situs dengan ekstensi tertentu, misal .id, .com, .net, dst. Contoh -> sistem informasi manajemen site:ac.id
  6. filetype: menampilkan sebuah situs yang memiliki file  tertentu. Format yang dapat dicari oleh Google antara lain: *.pdf, *.xls, *.doc, *.ppt, *.ps, *.swf, *.txt, *.rtf dan masih banyak lagi. Contoh -> sistem informasi manajemen filetype:pdf
  7. Test Case: Contoh 1 -> inurl:sistem informasi manajemen site:id. Hasil -> akan menampilkan URL yang mengandung info tentang sistem dan informasi, selain itu juga menunjukkan situs dengan ekstensi ‘id’. Contoh 2 -> sistem informasi manajemen site:id filetype:pdf. Hasil ->menunjukkan situs dengan ekstensi ‘id’ dan dalam bentuk *.pdf.

 

Mala 15023

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 10, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: